Saturday, November 15, 2008

Idola cilik, tayangan mendidik?


Nonton acara Idola cilik di RCTI ternyata asik juga. Bukan hanya olah vokal anak-anak itu yang menarik, tapi acara yang dipandu oleh Ocky Lukman, Ira maya Sopha, Winda dan Duta cukup pandai melibatkan emosi pesertanya dan tak ketinggalan juga emosi penonton.
Walaupun acara ini menuai banyak protes dari orang tua karena juga menampilkan lagu-lagu dewasa yang tidak pantas disenandungkan oleh anak-anak seumur meraka, belum lagi dandanan dan gerakannya yang kelewat dewasa, toh acara ini tetap jadi idolanya anak-anak. Ponakan saya yang masih kelas 2 SD pun tak mau absen menyaksikan tayangan ini.


Terlepas dari efek negatif yang dikhawatirkan sebagian orang tua seperti yang baru disebutkan tadi, acara ini cukup bernilai positif. Dilihat dari persaingan dan usaha keras pesertanya, acara ini mengajarkan bahwa keberhasilan memerlukan keberanian dan perjuangan. Disamping itu, anak-anak juga diajarkan untuk bisa menerima kenyataan, bahwa bila dia tak bisa tampil sebaik saingannya dia harus rela menerima kenyataan paling pahit, tidak naik kelas atau tereliminasi.

Sekedar masukan bagi RCTI, sebaiknya memang pemandu acara atau juri menyeleksi lagu dan pakaian peserta agar sesuai dengan usia mereka. Saya rasa membatasi hanya lagu anak-anak tak akan mengurangi peminat acara ini, malah mungkin tambah banyak. Suskses bagi RCTI! Kita dukung acara yang mempunyai nilai pendidikan bagi anak-anak.

1 comment:

advertlets

PayPal

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.