Wednesday, May 19, 2010

Si Cantik, Kupu-kupu


Siapa sih yang tak menyukai warna cantik pada kupu-kupu? Walau terlihat lemah, sayapnya yang lembut memiliki warna cerah yang memukau. Tak sulit untuk menemukannya, mereka sering terlihat hinggap pada bunga-bunga indah di teras, halaman, bahkan kebun. Namun sayangnya, jumlah kupu-kupu semakin berkurang selama 25 tahun terakhir.

Hal ini dikarenakan tempat tinggal mereka semakin sedikit.
Kupu-kupu memang bukan binatang langka, namun banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana sebenarnya kehidupan si binatang cantik ini. Kupu-kupu termasuk binatang heksapoda (binatang berkaki enam). Ia adalah salah satu binatang sensitif karena penciumannya yang tajam mampu mencium nektar sejauh 15 km. Dengan demikian, insekta ini bisa mengetahui dimana ia akan berkembangbiak dan menghisap madu pada bunga melalui organ mulut yang menyerupai belalai (probosis).

Metamorphosis pada kupu-kupu dimulai dari ulat. Uniknya, ulat dapat berganti kulit hingga empat kali sebelum prosesnya menjadi kepompong. Kepompong yang terbentuk sesuai dengan daun yang dihinggapi kupu-kupu. Jenis ulat dan kepompong tergantung pada jenis kupu-kupunya. Ulat bulu akan menjadi kupu-kupu malam yang berwarna gelap. Begitu kepompong menetas menjadi kupu-kupu, ia akan langsung melakukan perkawinan. Sang betina dengan segera hinggap pada daun yang bisa dijadikan makanan ulat setelah telurnya menetas.

Seperti tubuhnya yang cantik dan cerah, binatang ini menyukai warna cerah. Ia lebih suka hinggap pada bunga cerah yang menarik perhatiannya. Kupu-kupu memiliki mata majemuk hingga ribuan. Spectrum warna pada mata memantulkan cahaya dari warna cerah yang dikenalinya kemudian menghampiri bunga berdasarkan kebutuhan dengan mencium nectar (cairan pada bunga). Jadi, tidak semua benda berwarna cerah akan dihinggapinya jika ia tidak mencium adanya nectar. Itulah mengapa kupu-kupu sering hinggap pada bunga merah, kuning, atau warna menyegarkan lainnya.

advertlets

PayPal

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.